Pelampung Pancingan

Kamis, 04 Juni 2009

Pelampung Pancingan

Pelampung pancingan adalah salah satu perangkat
memancing yang berguna untuk membuat umpan pancing tidak tenggelam jauh ke bawah dasar air. Pelampung jenis ini banyak beragam, kendati beragam pelampung secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua.



Bentuk pemberat sangat tidak baku, ada yang berbentuk bulat, lonjong, kerucut dan lembaran. Besar dan beratnya pun juga relatif. Sesuai dengan keperluan pemancing dan seleranya. Semakin besar pemberat, semakin besar pula pelampung yang dipakai. Paling enak menggunakan pemberat yang berbentuk lembaran. Karena dengan mudah dapat diganti beratnya sesuai dengan kebutuhan.

Pelampung merupakan satu kesatuan dengan pemberat yang merupakan alat penyeimbang senar dan mata pancing , fungsi pelampung sendiri sebenarnya lebih sebagai pembantu penglihatan pemancing jika umpan telah disambar ikan. Pelampung akan bergerak - gerak dan tenggelam saat ikan mulai memakan ikan, dan itu pertanda bahwa pemancing harus menarik joran sesegera mungkin. Pelampung yang baik harus dapat dilihat secara jelas oleh kita. Penempatannya yang sesuai dengan panjang senar serta posisinya yang berada di atas permukaan air akan memudahkan pengawasan umpan pancing. Dengan pola warna yang mencolok akan memudahkan pemancing untuk mengetahui pergerakan ikan, bahkan untuk cara memancing pada malam hari telah dibuatkan model khusus pelampung dengan menempatkan cahaya flourecent pada pelampung untuk penglihatan di malam hari. Jenis - jenis pelampung sekarang banyak dibuat dari bahan busa, karet dan styrofoam, yang memiliki ciri kedap air. Dengan aneka ragam bentuk yang ada, anda bisa memilihnya sesuai dengan selera.

0 Comments: